Makin lama harga BBM semakin melambung, pa lagi sedikit demi sedikit subsidi dikurangi, lama lama harganya naik kebukit, kalo agan juragan minyak seh, kagak masalah, tapi buat brother yang berkantong dalam seh, ngasih minum tunggangannya pasti diitung itung berkali kali pake kalkulator, wkwkwk, . .
Ini nih, sedikit share gimana caranya agar tunggangan kita ga cepet haus. Banyak sih caranya, ada yang pake alat pengirit, ada yang disetel karbu pa enginenya, kalo dinyalaain malah kaya kuda dicekik, macem macem deh caranya, dari yang paling halus mpe paling sadis. Btw, ni artikel mo lebih menekankan pada sikap kita berkendara, karena gimanapun juga, sikap kita dalam memperlakukan si doi juga berpengaruh terhadap kuantitas konsumsi bbmnya. Langsung aja gan, tarik ke TKP, . .
- Hindari memanaskan mesin terlalu lama sebelum berkendara. Selama mesin bekerja maka bahan bakar tetap terkirim, sehingga banyak BBM yang terbuang sia-sia.
- Pertahankan kecepatan kendaraan sedapat mungkin sekitar 70 ~ 80 km/jam atau RPM di bawah 3000.
- Hindari kecepatan tinggi yang tidak perlu semakin tinggi kecepatan sebanding dengan tingginya putaran mesin sehingga bahan bakar minyak yang harus dikirimpun semakin besar.
- Sesuaikan gigi percepatan dengan kecepatan kendaraan, gunakan gigi rendah untuk menjalankan kendaraan pertama kali.
Contoh: Gigi 1 Kecepatan 0-20 km/jam
Gigi 2 Kecepatan 20-40 km/jam
Gigi 3 Kecepatan 40-60 km/jam
Gigi 4 Kecepatan 60-90 km/jam
Gigi 5 Kecepatan 90 ~ km/jam - Lakukan akselerasi/penekanan pedal gas secara perlahan (bertahap), jangan melakukan secara tiba-tiba karena dapat mengakibatkan terjadinya penambahan bahan bakar secara berlebihan.
- Hindari muatan yang berlebihan. Untuk membawa beban yang besar dibutuhkan tenaga yang besar yang berarti bahan bakar yang seimbang.
- Matikan mesin saat kendaraan berhenti dalam waktu lama (parkir).
- Aktifkan penyejuk udara (AC) dengan temperatur yang tidak terlalu rendah. Hal ini akan membuat kerja kompresor tidak terlalu lama (atau matikan bila perlu).
- Jangan meletakkan kaki kiri pada pedal kopling saat berkendara atau berkendara dengan setengah kopling. Ini akan mengakibatkan tenaga mesin tidak sepenuhnya tersalurkan untuk menggerakkan kendaraan.
- Gunakan bahan bakar sesuai nilai oktan yang disarankan oleh produsen. Nilai oktan bahan bakar akan menentukan pembakaran yang sempurna, sehingga sangat berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan oleh mesin.
- Gunakan ban dengan kembang dan tekanan angin yang tepat.
0 komentar:
Posting Komentar