Minggu, 30 Januari 2011

Nissan March Nismo


Nissan March adalah salah satu hatchback paling banyak diperbincangkan belakangan ini. Dan seperti belum puas dengan varian yang ada, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) masih menyesakkan pilihan dengan March bertitel Nismo Package.  Yang menarik adalah harganya yang sama persis dengan tipe 1.2 L XS A/T, yaitu Rp 158,8 juta.
March Nismo mengambil basis dari varian terendah, 1.2 L M/T yang belum dilengkapi perangkat safety seperti ABS, EBD + BA, dan airbag. Sistem pengaman immobilizer, dan AC otomatis pun absen dari kompertemennya.
Itu semua merupakan fitur hal yang tak ada di versi Nismo, namun hadir di XS. Bukan diproyeksikan untuk kemewahan, melainkan untuk ‘melayani’ pengemudi antusias, March Nismo paling mudah  dideteksi lewat stiker sporty yang membentang di sepanjang garis bahu.
Stiker ini bercorak simpel namun tegas, senada dengan corak di permukaan kap mesin. Tampangnya kian berbeda dari standar berkat spoiler yang melekat di bumper, serta side skirt di kiri-kanan bodi. Desainnya proporsional dan tidak berlebihan, tapi sukses membuat wajahnya semakin garang. Suspensinya tak luput dijejali komponen racikan Nismo. “Lebih rigid dan membuat tingginya berkurang 2 cm dari varian lain, termasuk March XS,” ucap Amstrong dari Accessoris Planning Department, PT NMI.
Saat dinyalakan, seketika bunyi knalpot menyeruak lebih gahar dibanding XS. Tak cuma muffler, tapi seluruh sistem pembuangan mulai dari exhaust manifold masuk dalam paket Nismo ini. Bisa dikatakan kalau performanya lebih sigap dari model standar bertransmisi manual, apalagi bila dibandingkan dengan March XS dengan girboks otomatis.  Dampak dari penggunaan suspensi Nismo membuat bantingan jadi sedikit lebih keras. Tapi kekurangan ini terkompensasi oleh gerak tubuh yang semakin lincah.
Ada satu lagi komponen Nismo yang kian menjelaskan bahwa ini adalah March spesialis performa. Yaitu penggunaan brake pad berlabel Nismo. Saat diinjak, rem terasa lebih mantap dan menggigit.
Amstrong menjelaskan kalau pad-nya dirancang dengan permukaan lebih rata, sehingga  cengkeramannya lebih baik dari model reguler. Harganya juga mencapai dua kali dari versi standar.
Secara keseluruhan, March Nismo memang berbeda karakter dengan March XS. Versi Nismo dirancang dengan nuansa performa yang lebih kental, sedangkan XS lebih mewah dan praktis.

Nissan March Nismo
Mesin: 1.198 cc 3 silinder, 80 dk
Torsi maksimum: 106 Nm/4.400 rpm
Transmisi: 5-spd manual/fwd
Kapasitas tangki : 42 liter
P x L x T: 3.780 x 1.665 x 1.515 mm
Wheelbase: 2.440 mm
Harga: Rp 158,8 juta 




Rival

Suzuki Splash
Mesin: 1.242 cc 4 silinder, 86 dk
0-100 km/jam: 12,3 detik (klaim)
Harga: Rp 145 juta
(+): Suspensi lembut, kabin lapang, lebih dulu dipasarkan
(-): Tak ada varian bertransmisi otomatis, minus wiper belakang dan spion eletrik





0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes Powered by Blogger | DSW printable coupons