Minggu, 30 Januari 2011

Geely Panda



Lihatlah sosok munginya. Sambutlah Geely Panda, city car dari Negeri Tirai Bambu yang siap memberi kejutan. kejutan pertama hadir dari harganya. Saat diluncurkan resmi akhir November lalu, pihak Geely mengumumkan kalau Panda dijual ke konsumen hanya seharga Rp 95 juta on-the-road. Berarti di bawah semua city car buatan Jepang.

Saat melihat sosok luarnya, kita akan terpukau melihat keseriusan Geely merancang desain yang diilhami binatang panda. Makanya mereka mengklaim kalau inilah Panda sesungguhnya, bukan yang dibuat oleh salah satu pabrikan Eropa.

Bentuk gril dan lampunya mencerminkan mulut serta mata Panda. Sementara bentuk buritan membulat juga mirip, maaf, bokong panda yang menggemaskan. Bahkan jejak kaki Panda tertoreh di lampu belakangnya.

Secara keseluruhan Geely merancang mobil ini untuk membuat orang lain tersenyum saat melihatnya. Di sektor mesin, Panda juga menarik perhatian dengan mengusung mesin 1.342 cc yang menelurkan tenaga 81 dk.

Saat kami kendarai, terasa kalau tenaganya cukup positif melajukan mobil berbobot 985 kg ini. Lebih menyenangkan lagi, fitur yang diusung juga sungguh luar biasa.

Sebut saja head unit double DIN, airbag, pelek aluminium, sensor parkir, serta power window di seluruh pintu. Bahkan seandainya kita lupa menutup  jendela, remote controlnya juga bisa digunakan untuk menutupnya dari luar mobil.

Kejutan Panda belum selesai sampai di situ. Secara mengesankan, mobil ini memberi impresi berkendara yang baik. Posisi mengemudinya jauh lebih baik ketimbang saudaranya, MK, dan bantingan suspensinya cukup lembut.

Kualitas perakitannya memang belum se-solid merek Jepang apalagi Eropa. Tapi dari sekilas pengamatan, dibanding merek Cina lain, Panda dibuat dengan cukup rapi. Saat ini Panda masih dihadirkan dalam  bentuk CBU.

Tapi bila permintaannya banyak, Geely akan mengubahnya menjadi CKD.
Spesifikasi
Geely Panda LC 1.3

Mesin: 1.342 cc 4 silinder, 81 dk

0-100 km/jam: 14,0 detik (klaim)

Konsumsi bbm: 14,6 km/l (klaim)

Top speed: 155 km/jam (klaim)

Transmisi: 5-spd manual/fwd

P x L x T: 3.598 x 1.630 x 1.465 mm
Wheelbase: 2.340 mm
Harga: Rp 95 juta

Rival 
KIA Picanto Cosmo M/T
Mesin: 1.086 cc 4 silinder, 63 dk

0-100 km/jam: 15,7 detik

Konsumsi bbm: 17,3 km/l

Harga: Rp 116,5 juta

(+) : Lincah, konsumsi bbm, posisi mengemudi, ada varian matik

(- ) : Harga lebih tinggi, akselerasi

First opinion
Secara produk, Geely Panda cukup mengejutkan. Walau harganya murah, mobil ini didesain menarik, layak dikendarai, serta memiliki fitur lengkap. Tugas terberat Geely saat ini adalah menggedor  kepercayaan publik akan produk Cina, karena citranya yang masih berada di bawah mobil Jepang atau Eropa.

Sekilas pandang
-    Tersedia dalam 5 pilihan warna
-    Hanya ada 1 varian dengan transmisi manual

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes Powered by Blogger | DSW printable coupons