Rabu, 02 Februari 2011

Suzuki Splash GL


Model Uji Suzuki Splash GL
* Harga Rp 145 juta
* Tenaga  85 hp
* Torsi 113 Nm
* 0-100 kpj 14,3 detik
* Konsumsi BBM 12,1 kpl
* 80-0 kpj 26,6 meter 
Splash mencoba masuk ke tengah pasar city car yang selama ini didominasi manufaktur yang sudah lebih dahulu bernaung di segmen itu, seperti KIA, Hyundai, Chevrolet, dan Suzuki sendiri (dengan Karimun Estilo). Peruntungan Splash akan diuji di kelas ini, karena pasar city car memiliki persaingan yang cukup ketat.
Suzuki mengklaim Splash adalah mini MPV dan ditargetkan memenuhi kebutuhan keluarga muda yang bergaya dan enerjik. Bentuknya yang kompak diklaim memberi beberapa keunggulan seperti lincah dalam menghadapi jalan sempit, kepadatan lalu lintas, dan keterbatasan lahan parkir. Keunggulan lainnya adalah konsumsi bahan bakar yang irit dengan daya angkut lima penumpang.
Desain & Rekayasa
Suzuki mengklaim Splash dirancang dengan tingkat keselamat-an tinggi, melalui penggunaan kerangka TESS Body (Total Effective Strength Structure), untuk melindungi penumpang dari benturan samping dan memberikan standar keselamat-an yang lebih baik Headlamp di dominasi lampu kristal yang besar plus multi-reflektor sebagai pengarah sinar lampu.
Lampu utama Splash ini dilengkapi fitur 5-leveling adjuster. Pengoperasian fitur ini cukup mudah, sebuah knop ditempatkan di sisi kanan pengemudi dan Anda tinggal mengatur fokus penyinaran. Hebatnya, fitur ini tidak dimiliki oleh produk lain di kelasnya.
Pengaruh aura Swift terasa kuat pada Splash. Kedua mobil ini memang dibangun dari platform yang sama, dan memiliki ukuran yang tak jauh berbeda. Sekadar perbandingan, Splash memiliki panjang (3.715 mm) dan Swift (3.755 mm). Ukuran lebar Splash (1.680 mm) dan Swift (1.690 mm). Tinggi Splash (1.618 mm) dan Swift (1.510 mm). Adapun sumbu roda, Splash (2.360 mm) dan Swift (2.390mm). Kedua mobil sama-sama memiliki radius putar 4,7 m.
Meski dirancang untuk kawula muda, toh Splash juga dibekali childproof door lock. Peranti ini memberikan ke-amanan ekstra bagi anak-anak. Cukup menggeser tombol dari free ke lock, pintu hanya bisa dibuka dari luar. Selain itu, Splash dilengkapi immobilizer dan alarm yang secara otomatis mencocokkan kode kunci saat mesin dihidupkan.
Suzuki menyediakan Splash dalam dua pilihan, yakni tipe Standar dan GL. Perbedaannya terdapat pada sistem audio, ban, velg, dan security alarm (pada tipe GL). Manufaktur berlogo “S” ini juga menyediakan paket aksesori resmi berlabel SGA (Suzuki Genuine Accessories). Di sini, konsumen dapat mempercantik Splash dalam dua model, Splash Spoty dan Splash Elegant.
Interior
Ruang dalam Splash dirancang lapang di bagian head room dan leg room. Dengan jarak di bagian belakang yakni 94 cm dan 52 cm, penumpang bisa merasakan kenyamanan berkendara. Sedangkan bagian depan memiliki leg room 44 cm dan 63 cm serta head room 98 cm. Splash memiliki kapasitas lima penumpang, dengan ruang bagasi yang cukup lega dikelasnya.

Dalam keadaan kursi belakang tegak, bagasi berkapasitas 213 liter dan saat kursi terlipat kapasitasnya naik menjadi 562 liter. Unit penyimpanan lainnya terdapat kantong di doortrim untuk botol 500 ml. Kemudian ada cupholder di konsol lantai untuk botol 750 ml. Lalu ada laci di atas dashboard yang berguna untuk menyimpan buku dan benda kecil lain.
Desain jok sederhana dan rapih, menambah kesan lapang. Sayangnya, jok berbahan fabric ini tidak dilengkapi height adjuster, sehingga menyulitkan pengemudi meraih posisi yang ideal. Anda juga tidak akan menemukan rangkaian pengubah sudut kemudi (tilt steering), sementara kaca spion juga masih dioperasikan secara manual. Meski begitu, potongan kaca depan yang relatif lebar memberikan kualitas pandangan yang memuaskan.
Secara garis besar, interior Splash dipengaruhi oleh Mini Cooper. Retro tachometer yang terpisah dari speedometer terlihat sangat mencolok. Gear shift dibuat menyatu dengan center console, dibalut aksen silver guna memperkuat citra sporty. Paduan warna hitam-silver dan petunjuk bahan bakar model digital (fuel bar), kian memperkuat aksen retro.
Sayangnya, bentuk kontrol panel AC dengan sistem putar yang sederhana sedikit mencederai desain dashboard keseluruhan. Konsep desain ini terasa berseberangan dengan head unit canggih yang memiliki ragam fitur seperti CD player, MP3, koneksi USB, dan aux-in iPod.
Performa
Di bawah kap mesin tersimpan mesin bermaterial aluminium, berkode K12M, 4-silinder, 1.197 cc, DOHC, yang juga akan digunakan oleh mobil konsep Suzuki R3 (MPV 7-seater yang diprediksi akan dipasarkan di Indonesia). Mesin seri K ini meletupkan tenaga 85 hp dan torsi 113 Nm yang ditransfer via transmisi manual 5-speed ke kedua roda depan.
Suzuki menerapkan teknologi drive-by-wire dan sistem sensor ECM (electronics control module) untuk menghasilkan kinerja mesin yang lebih akurat dan responsif. Perpaduan keduanya juga mampu memberi pengaturan bukaan katup dari pedal gas yang lebih akurat, tenaga lebih optimal, bahan bakar yang lebih hemat, dan emisi CO2 yang rendah.
Untuk saat ini, Splash baru dibekali satu jenis transmisi, yaitu 5-speed manual. Di tilik dari komposisi antar gear, Splash punya tarikan awal yang kuat (rasio gear 1st 3,545) dan cukup baik di kecepatan mene-ngah (rasio gear 2nd 1,904, 3rd 1,280, dan 4th 0,914) di mana kita lihat bahwa penurunan angka rasio masih dibawah satu digit.
Saat uji akselerasi, Splash mencatat 0-100 kpj dalam 14,3 detik dan akselerasi 0-402 meter dalam 19,4 detik di ke-cepatan 104,7 kpj. Untuk akselerasi menengah atau akselerasi yang dibutuhkan saat menyalip (overtaking), 60-80 kpj, Splash mencatat 3,1 detik dan aksele-rasi 80-100 kpj, tercatat 5,4 detik. Torehan akselerasi ini terbilang cukup memuaskan untuk sebuah city car.
Semua varian belum menggunakan ABS dan EBD. Meski begitu, penghenti laju dipercayakan pada cakram berventilasi untuk bagian depan dan teromol dibagian belakang. Hasilnya, pengereman 80-0 kpj, Splash sanggup berhenti dalam 2,5 detik dengan jarak 26,6 meter.
Pengendaraan & pengendalian
Suzuki memang menyiapkan Splash sebagai kendaraan kecil untuk bergerak lincah di perkotaan. Setirnya enak dimainkan dan memiliki akurasi yang baik untuk berkelit di tengah kepadatan lalu lintas. Kegiatan ‘stop and go’ pun bisa dilakukan dengan cepat, tepat, dan tidak menimbulkan kesan ragu-ragu di mata pengguna jalan lain.
Sementara itu, di jalan yang bergelombang dan berlubang, Splash terbilang  bisa dikendalikan dengan baik. Dalam hal ini, Splash bersaing dengan KIA Picanto yang juga berpengendalian baik di jalan bergelombang. Setir Splash dilengkapi ‘electronic power steering’, suspensi depan menganut McPherson strut, pegas spiral, dan bagian belakang menggunakan ‘torsion beam’ dengan pegas spiral.
Pedal-pedal memiliki bobot yang pas: kopling tidak berat dan dalam, serta rasa pedal rem komunikatif. Kualitas itu dibantu tuas transmisi yang begitu tepat dalam setiap pergantian gear. Kita pun dengan mudah mengajaknya bergerak agresif, walaupun mungkin karena dimensinya yang mungil terkadang “mendapat intimidasi” dari kendaraan yang lebih besar. Mensiasati hal ini, terapkan selalu prinsip safety driving.
Selain itu, saat melintasi permukaan jalan yang basah tak menimbulkan kecemasan seperti umumnya mengendarai sebuh mobil kecil. Splash versi GL yang dicoba menggunakan porfil ban 185/60 R15.
Dengan ground clearance 170 mm, bagian kolong mobil tidak mudah menyentuh jalan bergelombang. Suzuki mengklaim bahwa jarak ini sudah disesuaikan dengan karakter pengendaraan di Indonesia. Sayangnya, bantingan suspensi terasa keras saat meluncur di rentang 60-80 kpj, meski hal ini ditebus dengan kestabilan yang baik. Beruntung, Splash tidak kehilangan kenyamanan saat harus melewati jalanan yang rusak.
Membeli & memiliki
Kehadiran Splash dirancang untuk konsumen muda di bawah usia 30 tahun. Pilihan warnanya pun terasa menarik dan dinamis. Terdapat lima pilihan warna, yaitu Firebrick Red, Blue Blaze, Midnight Black, Silky Silver, dan Bakers Chocolate.
Mobil yang diuji (model GL) merupakan varian tertinggi di jajaran Splash, sedangkan yang lainnya adalah Splash ST. Kedua-nya hadir dengan hanya satu pilihan transmisi, yakni 5-speed manual. Adapun letak perbedaannya, Splash ST menggunakan ban 165/80 R14 dan velg berbahan baja, sedangkan GL terpasang ban 185/60 R15 dan velg alloy. Kemudian pada varian GL sudah terdapat sistem audio dan alarm keamanan.
Dengan harga Rp 145 juta, Splash GL memberi fitur yang memadai dan sesuai kebutuhan yang dicari untuk bergerak di perkotaan. Meski harganya lebih mahal Rp 13 jutaan ketimbang Suzuki Karimun Estilo dan lebih murah sekitar Rp 3 jutaan dari Hyundai i10 GLS AT, toh dengan desain khas eropa yang kental dan handling akurat, Splash punya keunggulan tersendiri.
Dan yang sulit dilupakan adalah desain eksteriornya yang cukup segar dan menawan, terutama dilihat dari belakang. Dan kebanyakan pengguna jalan memang menilai mobil lain ketika berkonvoi di tengah lalu lintas. Tampak belakang pun berperan kunci dalam membentuk citra suatu mobil. Splash pun menebar pesona cantik, menarik, dan sedikit genit. Anda suka?
Sekilas Pandang
Dengan mengusung filosofi Suzuki Global “Way Of Life” dalam rancangannya, Splash memiliki karakter desain mobil Eropa yang stylish, mo-dern, dan elegan. Bodinya kompak sehingga parkir menjadi lebih mudah dan melaju di jalan raya jadi lebih menyenangkan.
Suzuki Splash mengawinkan unsur-unsur penting sebuah city car: dimensi yang kecil, praktis, serta dinamis. Namun, interior Splash tetap terasa luas berkat headroom yang tinggi dan kaca depan yang luas. Sayangnya, untuk saat ini Splash belum menyediakan pilihan transmisi otomatis dan pengaturan spion secara elektris.
Keunggulan
-Performa
-Kepraktisan
-Tampilan eksterior

Kekurangan
 - Redaman suspensi
- Pengaturan spion masih manual

 Source : http://www.auto-car.co.id/

1 komentar:

Anonim mengatakan...

GL tu manual ya atau matic?

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes Powered by Blogger | DSW printable coupons